BUDIDAYABURUNG

10 Burung Terpopuler 2020

10 Burung Terpopuler 2020 – Belakangan ini demam kicau merebak hampir ke seluruh penjuru Indonesia. Tak peduli tua, muda, pria, bahkan wanita tak kalah antusias untuk meramaikan hobi ini. Terbukti banyaknya lomba di berbagai daerah mulai tingkat latber hingga kelas nasional. Dalam lomba tersebut juga menyajikan banyak jenis burung yang memiliki penggemar masing-masing dan keistimewaan masing-masing.

Bagi sebagian orang, burung merupakan hewan peliharaan unik yang memiliki suara merdu dan dapat membuat perasaan senang bagi pemiliknya. Burung memiliki berbagai macam suara dari tipikal merdu hingga kasar tergantung jenis burung yang dipelihara.

Dalam satu tahun terakhir ada beberapa jenis burung yang mendominasi kelas di arena lomba dari latber hingga kelas nasional. Setiap kelas selalu full gantangan untuk beberapa kelas burung, bahkan dalam sekali event jenis burung tersebut memiliki 7 hingga 8 kelas dan setiap sesi selalu terisi full

Burung jenis apakah yang mendominasi belakangan ini? Dan apa keistimewaan burung tersebut?

Berikut adalah “10 Burung Terpopuler 2020 versi Avshow.info

10. Cendet

Burung cendet merupakan burung yang bertipikal fighter dan sangat menjaga daerah teritorial mereka dari burung cendet lain. Cendet juga memiliki keistimewaan dapat menirukan puluhan suara burung lain dan hampir 90% sama persis suara yang dihasilkan dengan burung aslinya.

Burung cendet memiliki penggemar tersendiri dan bisa dikatakan eksistensinya bertahan cukup lama. Walaupun tidak selalu ada dalam kelas lomba, cendet tetap memiliki cukup banyak penggemar di berbagai wilayah, terutama di wilayah Jawa Timur.

Cendet memiliki tubuh yang proposional dengan ekor berkisar antara 8-13 cm dan badan yang tegap. Jika ia sedang berkicau atau “tarung” dengan burung yang lain, badannya tegap dan membentuk angka satu (nagen).

9. Jalak Suren

Jalak Suren
Jalak suren masih berkerabat dekat dengan burung jalak kebo dan jalak bali. Memiliki perpaduan warna hitam dan putih yang sangat kontras, membuat jalak suren terlihat elegan dan menawan.

Walaupun jarang ada kontes burung yang menampilkan kelas jalak suren, tetapi penggemar burung ini cukup banyak. Terbukti banyaknya penangkar dan penggemar burung di di berbagai wilayah. Dan tingginya permintaan pasar burung jalak suren.

Jalak suren dapat menirukan beberapa suara burung lain, dan memiliki tipikal vokal yang kasar namun tetap enak didengar. Gaya uniknya saat berkicau yaitu dengan membuka kedua sayapnya dan badannya naik turun seakan memompa sesuatu.

8. Ciblek

Ciblek

Burung yang satu ini memiliki nama latin (prinia familiaris). Berukuran kecil sekitar 15cm dari ujung paruh hingga ujung ekor. Bertubuh kecil dan bergerak sangat lincah. Burung ini memiliki warna abu-abu. Burung tersebut bertipikal sangat fighter.

Ciblek memiliki banyak penggemar. Dibeberapa kontes burung menampilkan kelas ciblek dan kerap kali terjadi persaingan sengit di arena lomba yang dijalani oleh burung imut berwarna abu-abu ini. Tapi jangan salah, walaupun imut tetapi suara burung ciblek ini dapat membuat telinga bergetar dengan suara kasar yang khas atau kicau mania biasa menyebutnya “nembak” dan “ngebren”.

Di alam liar populasi burung ini hampir punah, namun akhir” ini sudah ada pecinta burung ini yang membudidayakannya untuk menjaga kelestariannya dan pecinta burung tersebut dapat menikmatinya dalam jangka panjang.

7. Kacer

KacerBurung hitam putih satu ini sangat elegan dipandang. Tubuh porposional dengan kicauan merdu dipadu lengkingan-lengkingan khas burung kacer.

Namun ada sedikit penurunan peminat pada akhir-akhir ini dikarenakan anjloknya harga dipasaran. Namun pada event besar burung ini masih masuk dalam kelas bergengsi. Burung kacer juga pandai menirukan beberapa variasi kicauan burung lainnya. Gaya “ngobra” yang dimiliki kacer juga menambah daya tarik burung ini

Haga burung kacer saat ini sedang turun. Jadi ini moment yang pas jika anda ingin memelihara burung tetapi kantong lagi seret 😀

6. Cucak Ijo

Cucak IjoBerwarna hijau dengan topeng hitam di bagian muka membuat burung ini terkesan gagah. Ditambah lagi dalam bahasa kicau disebut “njegrik ngentrok” saat berkicau membuat pesona burung ini bertambah.

Burung ini memiliki nama latin (chloropsis sonnerati) dan menyebar di beberapa daerah antara lain Kalimantan, Jawa, Sumatra, Brunei D, Hingga Malaysia. Namun cucak ijo fenomenal berasal dari Bayuwangi.

Dalam event yang digelar, kelas cucak ijo termasuk dalam kategori ramai peminat. Cucak ijo juga mahir menirukan beberapa suara burung lain dengan sentuhan kasar khas cucak ijo dapat memanjakan telinga penggemarnya.

5. Kenari

Kenari
Burung yang berasal dari dataran Afrika satu ini memiliki cukup banyak penggemar. Memiliki banyak warna dan kicauan bertipikal “ngeroll” burung ini ramai dalam kontes burung yang berlangsung dari kelas latber hingga event nasional.

Memiliki banyak variant jenis dari Yorkshire yang berukuran besar hingga lokal yang berukuran kecil, dan harga relatif terjangkau untuk jenis lokal. Dalam perawatannya juga cukup mudah, jadi sangat cocok dipelihara bagi kicau mania junior

Burung ini terbilang aktif dalam berkicau. Sanggup berkicau dari pagi hingga sore. Dari sini lah pesona kenari sangat menonjol.

4. Pleci

PleciBurung kecil bersuara melengking satu ini tak kalah dengan burung-burung yang memiliki postur besar dalam hal kicau dan peminatnya. Memiliki penggemar paten yang bisa disebut “Pleman” atau Pleci Mania.

Burung ini berukuran kecil sekitar 7cm, berwarna kuning perpaduan putih dan garis putih melingkar matanya atau bisa disebut “kacamata”. Namun di beberapa jenis pleci tidak memiliki kacamata. Tetapi dalam ciri-ciri umum burung ini hampir sama berwarna kuning perpaduan putih atau abu-abu. Burung ini termasuk dalam burung koloni. Namun jika pleci telah dirawat beberapa lama akan tumbuh sifat fighternya.

Saat berkicau dengan full power burung ini bisa disebut “ngalas”, dan memiliki banyak variant kicauan menirukan burung lain.

3. Kolibri

 KolibriKolibri merupakan burung kecil dominan warna hitam mengkilap pada tubuhnya, membuat burung ini sangat eksotis jika dipandang.

Burung pemakan madu ini sangat mahir dalam menirukan suara burung lain dengan sentuhan roll dan speed yang dimiliki membuat lagu tersebut enak didengar, dengan gaya ” ngobra” yang dimiliki.

Guru vokal yang sangat baik karna lagu yang dibawakan rapet dan memiliki speed yang cukup cepat. Akhir-akhir ini eo perlombaan burung juga memberikan kelas khusus pada burung ini karna banyak permintaan dari pecinta burung mungil yang satu ini.

2. Murai Batu

Murai BatuBurung dengan ekor yang panjang satu ini memang tak habis-habis eksistensi yang dimiliki. Terbukti di setiap kontes burung selalu menjadi kelas favorit dan memiliki banyak penggemar.

Dengan gaya main “ngeplay” dapat mengeluarkan perpaduan suara asli yang dimiliki dan tembakan-tembakan tajam meniru suara burung lain.

Semakin hari semakin banyak penangkar burung ini dan permintaan pasar selalu bertambah. Tak heran bila burung ini menjadi “maskot” kicau mania.

1. Love Bird

 Lovebird
Memiliki banyak warna dengan kicauan “ngekek” menjadi senjata utama burung ini dapat memiliki paling banyak penggemar dibandingkan dengan burung-burung lainnya.

Dalam setiap kontes burung, kelas lovebird bisa menampilkan 7-9 kelas yang selalu full gantangan. Ini membuktikan bahwa penggemar burung lovebird sangat banyak. Dengan harga yang relatif terjangkau hingga harga fantastis menjadi milik lovebird. Penangkarnya pun semakin hari semakin membludak didakarenakan banyaknya permintaan pasar buung ini.

Baca Juga :

Itulah “10 Burung Terpopuler 2020” versi Avshow.info, Apakah burung yang kalian masuk dalam 10 besar. Jika ada bisa komentar dibawah burung nomor berapa yang kalian miliki. Untuk yang baru belajar dan baru ingin memelihara burung. Tunggu apa lagi? Mari bersama-sama rasakan atmosfir “Kicau Mania”

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close