BUDIDAYABURUNG

Cara Merawat Anak Burung Cendet Yang Masih Lolohan

Cara Merawat Anak Burung Cendet Yang Masih Lolohan – Burung Cendet atau banyak orang yang menyebutnya burung Pentet adalah sebuah burung yang memiliki ukuran yang lumayan besar untuk burung jenis kicau, Besar dari burung ini kurang lebih hampir sama seperti Burung Kacer. Cendet memiliki keistimewaan yang sangat luar bisa dari suaranya yang unik dan sangat merdu.

Cara Merawat Anak Burung Cendet Yang Masih Lolohan

Untuk memelihara burung cendet/pentet ini dari anakan tidaklah mudah bagi seorang pemula,Banyak sekali orang mengeluh jika memelihara burung Cendet ini dari bayi karena burung ini sangat mudah sekali mati jika kita tidak terbiasa dan tidak tau perawatan burung cendet yang masih bayi atau masih lolohan. Nah disni kami dari Kicauindah.com akan berbagi tips untuk merawat burung cendet yang masih loloh sampai bisa makan sendiri.

Baca Juga :

Cara Merawat Anak Burung Cendet Yang Masih Lolohan

  • Nah bagi anda yang belum tau cara cara merawat anakan burung cendet marilah kita belajar bersama sama di tutorial yang akan kami bagikan kali ini.\
  • Untuk makanan burung cendet yang masih anakan biasakanlah dengan memberikan bubur yang terbuat dari Voer yang dibasahi dan dicampur kroto agar burung mendapatkan asupan vitamin yang cukup.
  • Buatlah takaran adonan yang pas. Sehingga tidak membuang buang adonan yang sudah jadi, Karena bila tidak langsung habis dalam setiap memberikan makanan. adonan tidak bisa bertahan lama dan adonan akan segera basi.
  • Voer yang diberi air lama kelamaan akan menjadi bubur aduk hingga lumer, ambil dengan lidi atau pipet kemudian lolohkan atau suapkan pada anakan cendet.
  • Durasi pemberian pakan adalah setiap 2 jam sekali.
  • Berikan makan sampai burung tampak kenyang atau puas dengan tanda burung tidak lagi bunyi kiyek kiyek atau miyik, sekitar 4 atau 5 kali suapan.
  • Anak burung cendet yang belum bisa makan kasar jangan dulu diberi jangkrik hidup, kecuali tepung jangkrik yang dicampur dengan bubur buatan tadi, atau jangkrik yang sudah dibuang kaki dan kepalanya.
  • Agar burung mau belajar makan sendiri setelah burung tampak berbulu dan bisa terbang adalah dengan memberi Ulat Kandang yang dicampur dengan Voer halus atau voer kecil-kecil.
  • Burung cendet yang dirawat dari anakan, praktis akan lebih cepat makan sendiri dan makan voer, selain itu burung juga bakal lebih jinak.
  • Biasakan adonan bubur dari voer yang telah di suapkan diletakkan di dalam sangkar, kemudian di suapkan saat jam makan. agar burung tahu bila wadah itu adalah wadah pakannya.
  • Adonan bubur jangan diberikan sampai sore, Adonan pagi hanya untuk pagi hingga siang, Sementara siang sampai sore harus buat adonan baru, agar burung tidak memakan voer basi.
  • Voer yang sudah basi dapat mengakibatkan burung sakit dan akhirnya mati.

Itulah tips yang dapat kami berikan mengenai Cara Merawat Anak Burung Cendet Yang Masih Lolohan bagi anda semua. semoga dengan tips di atas anda bisa memelihara anakan burung cendet tanpa ada halangan lagi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close