BUDIDAYABURUNG

Cara merawat burung kutilang jambul agar rajin bunyi

Cara merawat burung kutilang jambul agar rajin bunyi – Burung kutilang jambul merupakan satu dari sekian banyak ragam burung kicau yang ada di tanah air. Puluhan jenis burung kicau di alam telah dijadikan burung peliharaan oleh berbagai hobiis burung di berbagai daerah di Indonesia.

Cara merawat burung kutilang jambul agar rajin bunyi

Tidak sebatas burung kicau lokal, burung kicau impor pun telah banyak ditangkarkan hobiis burung kicau di Indonesia. Bahkan, beberapa di antara burung kicau impor tersebut telah mengungguli burung kicau lokal karena daya pikat dan kelebihannya. Sangat wajar jika burung kicau banyak dipelihara penggemar burung kicau dan sering dikonteskan.

Cara merawat burung kutilang jambul agar rajin bunyi

Kutilang jambul (red whiskered bulbul) pernah meramaikan pasaran burung kicau dan mendapat respon cukup baik dari pada hobiis. Burung asal Thailand ini memiliki ciri khas dengan adanya jambul berwarna hitam di atas kepalanya, warna merah dekat tenggorokannya, dan warna putih pada bulu dadanya. Sayangnya, keberadaan kutilang jambul di pasaran tidak berlangsung lama karena adanya larangan impor akibat flu burung.

Di Malaysia dan Singapura, kutilang jambul dikenal dengan sebutan kecuk. Burung kicau ini sering dikonteskan di Singapura, Johor Baru (Malaysia), dan Thailand di even Kings Cup, yang hadiahnya berupa mobil dan tropinya diserahkan langsung oleh Raja Thailand atau diserahkan permaisuri kerajaan. Secara fisik, penampilan kutilang jambul bisa dikatakan paling gagah dan cukup keren di antara keluarga besar pyconotidae.

Habitat dan kebiasaan kutilang jambul

Tips khusus pemeliharaan kutilang jambul

Kutilang jambul menyukai daerah pinggiran hutan, taman kota, sampai kebun dekat lingkungan penduduk. Bahkan, burung kicau ini sering terlihat bertengger di kabel listrik. Hanya saja, kutilang jambul lebih senang hidup soliter dan terkadang berpasangan.

Pakan alami kutilang jambul

Burung kicau jenis ini adalah pemakan jenis serangga, semut, ulat daun dan buah.

Karakter kutilang jambul

Burung kicau jenis ini merupakan burung ocehan galak.

Daya tarik kutilang jambul

Tips khusus pemeliharaan kutilang jambul

Jambul kecil di atas kepalanya dan warna bulunya yang cukup cerah adalah daya tarik dari burung kicau ini.

Kelemahan kutilang jambul

Burung kicau ini sulit dijinakkan.

Tips khusus pemeliharaan kutilang jambul

Sebaiknya pelihara burung kicau ini lebih dari seekor atau pelihara pula betinanya agar burung ini cepat dan rajin berkicau.

Baca Juga :

Demikian pembahasan singkat mengenai burung kutilang jambul, semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close