BUDIDAYABURUNG

Mengenal Burung Poksay Jambul Putih

Burung poksay jambul putih merupakan satu dari sekian banyak ragam burung kicau yang ada di tanah air. Puluhan jenis burung kicau di alam telah dijadikan burung peliharaan oleh berbagai hobiis burung di berbagai daerah di Indonesia.

Mengenal Burung Poksay Jambul Putih

Tidak sebatas burung kicau lokal, burung kicau impor pun telah banyak ditangkarkan hobiis burung kicau di Indonesia. Bahkan, beberapa di antara burung kicau impor tersebut telah mengungguli burung kicau lokal karena daya pikat dan kelebihannya. Sangat wajar jika burung kicau banyak dipelihara penggemar burung kicau dan sering dikonteskan.

Mengenal Burung Poksay Jambul Putih

Poksay jambul putih (garrulax leucolophus atau white-crested laughingthrush) berasal dari Thailand, tetapi di pasaran dijajakan oleh pedagang sebagai poksay hongkong. Oleh sebagian hobiis yang memahami karakternya, burung ocehan ini dijuluki ‘destroyer’ atau burung perusak. Hal tersebut disebabkan suara jantan maupun betinanya seperti orang tertawa kwak, kwak, kwak.

Jika sudah rajin, jantannya selalu menyambung dengan suara klak, kluk, klak, kluk. Namun demikian, burung kicau yang tergolong besar dan tidak bisa diam dalam sangkarnya ini sangat diminati oleh banyak penggemar. Hal tersebut disebabkan penampilannya yang cukup baik dan gagah dengan jambul putihnya.

Habitat dan kebiasaan hidup poksay jambul putih

Hutan sekunder terbuka penuh semak belukar dan daerah hutan bambu menjadi tempat hidup dan berkembang biaknya. Dalam mencari makan, burung kicau ini sering turun ke tanah di antara semak belukar. Kebiasan hidupnya soliter, tetapi terkadang berpasangan.

Habitat dan kebiasaan hidup poksay jambul putih Pakan alami poksay jambul putih

Burung kicau ini adalah burung pemakan serangga jenis besar, laba-laba, tawon, biji-bijian dan buah.

Karakter poksay jambul putih

Burung kicau jenis ini merupakan burung yang kasar dan tidak ingin diganggu.

Daya tarik poksay jambul putih

Jambul di kepala burung kicau ini membuat penampilannya gagah. Selain itu, suara kicauannya sangat keras dan lantang.

Tips khusus pemeliharaan poksay jambul putih

Kelemahan poksay jambul putih

Burung kicau jenis ini merupakan burung yang sulit dijinakkan.

Tips khusus pemeliharaan poksay jambul putih

Burung kicau ini sangat baik dipelihara sepasang dalam kandang besar karena burung ini senang bergerak sehingga sangat sulit dinikmati jika dipelihara dalam sangkar soliter.

Baca Juga :

Demikian pembahasan singkat mengenai burung poksay jambul putih, semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close