BUDIDAYABURUNG

Tips Merawat Lovebird Impor yang Baru Tiba

Pada dasarnya, menangani lovebird impor yang baru tiba di rumah memang berbeda dengan menangani lovebird hasil ternakan lokal. Lovebird impor belum sepenuhnya bisa beradaptasi dengan cuaca di Indonesia, walaupun lovebird impor tersebut telah ngendon berhari-hari di kandang importer maupun agen-agennya. Proses adaptasi masih sangat perlu dilakukan dan dilanjutkan di rumah pembeli, sehingga lovebird bisa beradaptasi dengan lingkungan baru di rumah pemilik barunya.

Tips Merawat Lovebird Impor yang Baru Tiba

Tips Merawat Lovebird Impor yang Baru Tiba

Lovebird impor yang baru tiba sebaiknya jangan langsung dimasukkan dalam sangkar soliter tetapi dimasukkan terlebih dahulu ke kandang umbaran. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memberi kenyamanan pada lovebird sekaligus dalam mengenalkannya pada lingkungan baru di sekitar rumah pemilik barunya. Kalaupun Anda membeli lebih dari satu ekor lovebird impor, tetap masukan dalam satu kandang umbaran, jangan dipisah-pisahkan.

Cara Merawat Lovebird Import

Lovebird impor biasanya disimpan dalam kandang umbaran selama satu minggu. Sebaiknya kandang umbaran ditempatkan di dalam ruangan, dan lovebird tidak perlu dijemur selam dalam kandang umbaran. Berikan pakan bijian seperti milet dan canary seed, dan jangan lupa untuk memberikan extra fooding berupa sayuran kangkung atau jagung muda manis. Pemberian pakan utama dan extra fooding lebih banyak, karena lovebird impor perlu nutrisi yang banyak dalam melalui proses adaptasinya.

Cara Merawat Lovebird Import

Berikan juga tulang sotong atau bongkahan garam, untuk memenuhi kebutuhan mineral lovebird impor. Bongkahan garam cukup diletakan di dasar kandang umbaran, biasanya lovebird impor akan menggigit-gigit garam tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Dengan mengkonsumsi garam, lovebird impor akan tetap dalam kondisi sehat.

Tutorial Merawat Lovebird Import

Setelah menjalani proses adaptasi seminggu di kandang umbaran, umumnya lovebird impor sudah dapat menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Biasanya setelah menjalani masa adaptasi dengan baik, lovebird impor tidak akan stress lagi dan mulai rajin narik bunyi lagi.

Mulai dari sini kita bisa benar-benar dapat melihat kemampuan bakat lovebird impor yang dibeli. Apakah memiliki kualitas ngekek yang baik atau tidak? Setelah melalui proses adaptasi selama seminggu, Anda tinggal melanjutkan dengan perawatan harian, termasuk rajin memandikan dan menjemurnya serta memberi pakan yang berkualitas serta melakukan proses pemasteran.

Baca Juga :

Demikian tips merawat lovebird impor yang baru tiba di rumah yang kami rangkum dari beberapa lovebird lovers senior di tanah air, semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close